Baturraden Adventure Forest : Purwokerto, Jawa Tengah

Dengan didominasi bentang alam pegunungan, menciptakan peluang yang bagus untuk kegiatan wisata minat khusus. Pegunungan di sekitar obyek wisata Baturraden didominasi oleh tegakan atau vegetasi dammar dan pinus. Masuk ke dalam tegakan pohon ini dan berpetualang di dalamnya akan membuat sensasi wisata yang berbeda. Anda bisa ikut dan menikmati wisata ini dalam kegiatan Baturraden adventure forest (BAF).

Wisata minat khusus berbasis konsep ekowisata memang sedang digemari oleh masyarakat saat-saat ini. Mereka yang antusias mengambil wisata minat khusus biasanya memang sudah bosan dengan wisata konvensional yang hanya datang, nikmati obyek wisata, bersenang-senang terus pulang. Dalam wisata minat khusus, ada nilai lebih seperti pendidikan, konservasi, dan gerakan cinta lingkungan. Tak mengherankan kalau orang-orang yang berminat dengan wisata minat khusus adalah mereka yang memiliki kesadaran lingkungannya sudah tinggi.

Baturraden adventure forest (BAF) menawarkan petualangan berwisata untuk menikmati atraksi view lansekap alam sekitar Baturraden yang begitu mempesona. Terdapat 4 paket wisata berbasis petualang yaitu gunung, sungai, hutan dan kabut. Dari keempat paket wisata terkandung unsur jenis petualangan fisik (physical adventure) dan petualangan pendidikan atau wawasan (mind adventure). Penyelenggara membuat paket wisata dalam bentuk mountain adventure, water adventure, tree adventure dan eco adventure.

Peminat perseorangan dan kelompok bisa mengambil paket wisata minat khusus ini. Biasanya perusahaan, komunitas, pemerintah, organisasi mengambil paket wisata dalam kegiatan outing and training mereka. Para pelajar dan mahasiswa juga bisa mengambil paket wisata minat khusus ini. kelebihan dari wisata ini yaitu adanya rasa pendidikan, kebersamaan, kenangan-kenangan manis yang akan selalu dikenang. Kegiatan penanaman dan persemaian terkadang diselipkan dalam paket wisata ini sehinnga nantinya ada wujud nyata akan kesadaran berlingkungan yang dapat dibawa sekembalinya ke tempat aktivitas masing-masing.

Baturraden adventure forest (BAF) menawarkan tree trek adventure, downhill bike trek adventure, birdwatching, night adventure, canyon adventure, cold-water therapy, tree village, rapelling, forest bungee trampoline adventure. Sudah tersedia fasilitas untuk menunjang kegiatan ini seperti toilet dan kamar mandi, gathering area, prayer room, ranger barracks dll.

Posting Komentar